Pentingnya Komunikasi dan Informasi

oleh : Harry Wattimury


Tidak dipungkiri lagi bahwa dunia saat ini tidak ada lagi sekat yang memisahkan suatu wilayah dengan wilayah lain. Ini semua akibat dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, mau tidak mau, suka tidak suka, senang tidak senang kita sudah berada dalam “Era Teknologi Informasi”. Karena itu informasi dan komunikasi memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, permasalahan mendasar yang harus segera ditanggulangi bagi kehidupan masyarakat pada umumnya adalah masalah kebodohan dan kemiskinan. Masalah ini dinilai sangat penting dan mendesak untuk ditanggulangi bersama terutama tebas kebodohan untuk dirubah menjadi manusia Indonesia yang cerdas dan berkemampuan serta beradab melalui peningkatan kesejahteraan taraf hidup masyarakat.

Sebagai tahap awal membangun masyarakat yang cerdas dan berkemampuan adalah dapat membaca dan menulis, sehingga Berdasarkan kemampuan semacam itu masyarakat dikembangkan menuju peradabannya dan peningkatan kultur/budaya dan orientasinya kepada kemampuan beradaptasi dalam pemanfaatan berbagai Teknologi informasi dan komunikasi, media cetak dan media elektronik yang semuanya itu untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat, serta memberikan nilai tambah bagi budaya dan etika kehidupan masyarakat.

Peranan informasi dan komunikasi dalam mendukung kehidupan masyarakat yang demokratis, transparan dan akuntabilitas khususnya dalam era reformasi telah mengubah pengalaman bangsa dan Negara. Kemerdekaan menyatakan pendapat, menyampaikan dan memperoleh informasi dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat dijamin oleh Undang-undang. Kebebasan berkomunikasi dan memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan ciri penting suatu Negara yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat.

Peranan komunikasi dan informasi menjadi penting dan strategis karena menjadi salah satu sarana berkomunikasi yang efektif bagi masyarakat dan mempunyai nilai tambah ekonomis dalam dunia usaha, sehingga peranan komunikasi dan informasi (TIK) media cetak dan media elektronik sebagai alat Penyampaian informasi diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat yang berbasis informasi.

Dengan tulisan singkat ini diharapakan dapat merubah pola pikir masyarakat khususnya kalangan generasi muda) untuk dapat termotivasi untuk berkarya dalam membangun dan melayani masyarakat.

~ by peter sopacua on September 25, 2008.

Leave a comment